Tips-tips Mengemudi di Jalan Raya

Tips-tips untuk mengemudi di jalan raya (on-road)

1. Lebih waspada ketika mengemudi di dalam kota
Kota-kota dan daerah urban lainnya memliki konsentrasi dan ragam lalu lintas, mulai dari pejalan kaki, bis kota , sepeda motor hingga kendaraan-kendaraan besar seperti penyiram tanaman dan pengangkut sampah. Jauh lebih banyak yang harus diperhatikan. Anda harus selalu memperhatikan apa yang terjadi di depan, di samping dan di belakang kendaraan Anda.

2. Periksalah ban Anda secara rutin
Lakukan langkah-langkah perawatan yang rutin berikut ini: Jaga ban-ban Anda bertekanan udara yang cukup. Tingkat tekanan udara yang tepat bagi ban-ban Anda ditentukan oleh pabrik mobil dan dapat dibaca di sisi belakang pintu mobil, di tiang pintu, dalam laci dashboard atau di balik tutup tangki BBM. Biasanya angka-angka tekanan ini juga tercantum dalam buku manual untuk mobil Anda. Angka yang tercetak di dinding ban bukanlah tekanan udara yang direkomendasikan untuk ban Anda—angka itu adalah tekanan maksimum untuk ban tersebut. Anda harus memeriksa tekanan udara ban Anda sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan. Periksa juga ketebalan telapak ban. Ketebalan ban yang cukup akan membantu Anda menghindari slip, aquaplaning maupun ban yang meledak.

3. Kurangi kecepatan
Selalulah perhatikan kecepatan Anda.

4. Pelajari teknik mengemudi di malam hari
Mengemudi di malam hari sebenarnya bisa menyenangkan bila Anda menyadari tingkat kewaspadaan yang harus dimiliki karena visibilitas yang lebih rendah. Berikut ini beberapa hal dasar: Hidupkan lampu depan dan lampu belakang sejak saat matahari terbenam sampai matahari terbit; dimkan lampu depan bila ada kendaraan lain dalam jarak 200 meter dari Anda, atau ketika Anda mengemudi di belakang kendaraan lain. Kalau mobil Anda mogok di malam hari, pastikan bahwa pengemudi lain dapat melihat kendaraan Anda dan dapat menghindarinya. Hidupkan lampu hazard dan, jika memungkinkan, keluar dari jalan raya. Hindari berhenti pas sesudah mencapai puncak bukit ataupun di belokan. Perhatikan ref le ktor di sepanjang jalan dan rambu-rambu lain agar Anda tetap berada di atas jalan ketika mengemudi di malam hari.

Share:

Tidak ada komentar:

About

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.